Rabu, 09 Mei 2012

Easycore


Hallo temen-temen semua, kali ini saya akan membahas tentang easycore yang mulai berkembang di tahun 2000 dan hingga saat ini banyak digandrungi anak-anak muda. Easycore ini adalah salah satu sub-genre dari pop punk, so let's do it!!
Logo dari Easycore Indonesia
Simpel aja arti dari easycore ini, Easy = Santai, Core = Biasanya kata ini biasa terdengar dimusik underground seperti metalcore, hardcore, rapcore, grindcore, dll. Sebenernya arti sebenernya dari "core" ini adalah inti dari sebuah genre, misalkan hardcore berarti inti dari musik itu adalah hard/keras, metalcore berarti inti dari musik itu adalah metal, grindcore berarti lebih ke drum yang sering grinding, dan lain sebagainya. Berarti Easycore adalah musik yang easy listening dan terdapat unsur musik keras tetapi tetap enak didengerin, biasanya para metalkid selalu mampir ke genre ini.
 
Sejenak mungkin genre ini terdengar aneh bahkan banyak yang bilang ini musik lebai seperti hal nya emokid, tetapi apapun musik kalian keep playing your music!!. Ada satu sisi Easycore yang terdengar cerah, fun, lebih ke party time dan berbau melodic punk yang ceria dengan lirik yang 'uplifting', tetapi di sisi yang lain Easycore bisa terdengar gelap dengan segala macem growl, double pedal dan breakdown yang bakal ngingetin kita sama band-band metalcore/hardcore. Bahkan gak jarang di setiap lagu Easycore ada "sing along" yaitu para personil menyerukan sebuah kalimat atau kata bareng-bareng ala Hardcore. 
 Sebenernya walau baru mulai menjamur akhir-akhir ini, Easycore udah berkembang dari awal taun 2000-an dan yang memperkenalkan Easycore pertama adalah New Found Glory, walaupun band pop punk senior ini masih menganut Pop Punk, tapi aroma-aroma easycore berkembang dari musik mereka. Lalu band-band seperti Four Year Strong, Set Your Goals sama A Day To Remember mulai mewarnai dunia musik. Tapi eksistensi Easycore masih kurang diakui, hingga akhirnya sekitar tahun 2006-2007 band-band Easycore muda mulai bertumbuhan. Tidak hanya di United States, tapi Eropa juga sampe keserang demam Easycore. Bahkan sekarang di Indonesia musik ini lagi berkembang banget bahkan ada forum "Easycore Indonesia". Wow! kemudian boominglah Rockmini, billfold,Someday at heaven, Zombies daylight, Good morning sunrise, King of panda, Hello knuckles, Everyday weekend,  dll.

Secara tidak langsung, Easycore telah membuka lembaran zaman baru buat musik punk yang udah mulai pudar. Generasi muda udah mulai membuka mata dan kuping mereka lagi buat aliran musik provokatif ini. Karena punk itu idientik dengan anak muda yang berjiwa dinamis dan berani buat menciptakan sebuah perubahan. Sedangkan anak muda jaman sekarang lebih banyak disuapin sama musik dunia mainstream yang sama sekali tidak membuat pikiran berkembang. Inilah band-band barat yang sampai saat ini banyak dijadikan panutan atau influence band easycore di indonesia, Set Your Goals, New Found Glory, The Wonder Years, Chunk! No Captain Chunk, Me vs Hero, Latin For Truth, With The Punches, Four Year Strong, Veara, Radio Feelings, A Day To Remember, dan masih banyak lagi. Jadi tunjukkan musik kalian, maju terus musikalitas indonesia dengan musik yang berkualitas, jadi apapun pendapat orang tentang musik kalian, keep playing your music!!

Easycore indonesia link:
http://thistimeeasycore.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Blogger Templates